Rabu, 31 Mei 2017

Resensi Buku 'Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah'

Judul : Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah
Penulis : Hernowo
Tanggal Terbit : 2004
Penerbit : Bandung, Penerbit MLC
Tebal Buku: 185 hlm (e-book)

Siapakah diantara kalian yang rajin menulis buku diary setiap hari? Ternyata kebiasaan ini dapat menjadi langkah awal Anda untuk menyusun sebuah buku seperti yang diutarakan oleh Hernowo dalam bukunya 'Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah'. Gagasan-gagasan cemerlang dapat kita susun menjadi buku dengan proses penulisannya yang mengalir dan menggugah, sehingga membaca pun terasa mengasyikkan dan bermanfaat.

Lalu, kenapa kita menulis buku? Buku karya kita pribadi merupakan pikiran dan pandangan kita terhadap dunia. Sehingga melalui buku kitalah, diharapkan bisa membawa pencerahan bagi pembaca dan menjadi jejak kita agar tak dilupakan.

Penulisan buku yang berkarakter dan bergizi tinggi tak terlepas dari beberapa hal seperti: unik, berkarakter, mengalir, menggerakkan, memberikan gagagan yang kreatif/ baru, dan tertata; misal mampu memadukan otak kanan dan kiri (proposional antara gambar dan kata).

Selain terus berlatih menulis, menambah wawasan juga amatlah penting. Carilah sebanyak-banyaknya buku yang mampu menggerakkan pikiran Anda, terutama dalam membantu Anda memunculkan gagasan-gagasan baru.

Hernowo, sang perakit buku Quantum Reading dan Quantum Writing ini juga menyelipkan beberapa pengalamannya dalam proses penerbitan buku serta wawasannya terkait buku-buku yang menginspirasinya. Hanya saja, di bagian awal buku akan terasa ada penjelasan yang diulang-ulang atau kurang to the point. Terlepas dari kekurangan tersebut, kita dapat membaca di bagian lain yang menarik, seperti mengetahui bagaimana proses kreatif seorang penulis fiksi terkenal, Helvy Tiana Rosa dalam membuat karya-karyanya. Di bagian akhir, kita juga memperoleh tip-tip dalam merancang buku KBK yang memberdayakan.



Selamat membaca! :)

1 komentar: