Selasa, 10 November 2015

Pengalaman Membuat Mainan Edukasi

Beberapa waktu lalu, saya sempat menggalau tentang sebuah produk mainan anak-anak yang harganya lumayan mahal. Di Indonesia, produk ini masih segelincir yang menjualnya, website-website resmi atau forum jual beli juga masih sedikit yang menawarkan, dan umumnya produk yang dijual dari brand yang sama. Btw, produk apa sih yang dimaksud?

Produk yang saya maksud adalah quite books, buku yang terbuat dari kain atau bahan lembut lainnya dan kemudian didesain hingga menyerupai mainan yang bisa lepas tempel, bersifat 3D, dan melatih motorik anak. Setelah saya amati perkembangan quite books via google, instagram, dan pinterest, banyak orang dari luar negeri (kebanyakan) yang sangat kreatif untuk membuatnya. Sebagian dari mereka membuatnya secara pribadi agar bisa langsung dimainkan si buah hati (khususnya pada usia 3-5 tahun). Ada bermacam bentuk yang sempat saya ingat, ada yang mengedukasi untuk bertanam, memasak, mengikat sepatu, berhitung, menyusun puzzle, dsb. Menarik bukan?

Saya pun jadi tergerak untuk membuat quite books juga, melihat mainan yang belum terlalu mengedukasi ponakan saya, dan mungkin dari kreasi ini bisa membantu keinginan saya untuk menjadi edupreneur, he..

Beberapa minggu lalu, saya sudah sempat membuat satu lembar quite books yang berisi tentang pohon dan buahnya, si ponakan sih cukup suka dengan hasil yang baru setengah jadi itu, tapi mungkin selanjutnya saya harus memikirkan tema yang lebih menarik lagi.

Bahan yang saya butuhkan untuk pembuatan quite books, diantaranya: kain flanel, kain katun, benang, jarum, aksesoris, dan pola gambar. Cukup mudah mencari bahannya dan tinggal kita mengasah kemampuan membentuk pola serta menjahit dengan tusuk feston. Mudah bukan?

0 komentar:

Posting Komentar